KURSI RAKSASA

Pernah membayangkan tentang kursi raksasa? Di puncak Gunung Gumitir, Jember, Jawa Timur ada lho! Di puncak gunung itu, menjulang kursi raksasa setinggi 5,3 meter. Kursi raksasa sengaja dibuat oleh PT Perkebunan Nusantara XII sebagai tempat berteduh dan gardu pandang. Awalnya, desain kursi seperti halnya kursi makan biasa saja.  Untuk menambah kesan kokoh maka desain kursi ditambah tempat pegangan tangan.

Kursi raksasa ini berukuran 3 x 3 m dengan tinggi alas kursi 2,5 m dan tinggi sandaran kursi 5,3 m.  Kursi dibuat dari kayu utuh jenis Segawe (Adentahera microsperma) dengan ukuran diameter rata-rata 40 cm  (lilit batang 130 cm) sebanyak 6 pohon.  Pohon segawe yang digunakan berasal dari dalam kebun Gunung Gumitir di bagian Tanah Manis.

Wah, cara membuatnya bagaimana ya??

Pembuatan kursi dilakukan oleh 3 orang. Hah, 3 orang membuat kursi sebesar itu?! Nda MungkinG!!
Tunggu dulu, saya kan belum selesai. Ini kelanjutanya, kecuali saat merakit diperlukan tenaga 10 orang.  Pekerjaan dimulai pada tanggal 15 Agustus 2011 dan selesai pada tanggal 20 September 2011.  Proses pembuatan yang tersulit adalah saat merakit potongan kursi tersebut.  Menggunakan bantuan katrol dan tenaga manual dari 10 orang akhirnya bisa berdiri rangka kursi raksasa.

Cara naiknya gimana?

Untuk naik ke atas kursi raksasa tersebut, pengunjung perlu naik lebih dahulu ke kursi kecil yang berfungsi sebagai pijakan. Kursi kecil tersebut harus disusun 3 agar pengunjung bisa naik ke atas kursi raksasa, itupun dibutuhkan sedikit perjuangan dan sedikit memanjat. Keberadaan kursi raksasa ini menyedot perhatian warga sekitar. Apalagi, begitu sampai ke atas kursi, pemandangan gunung nan memakau terhampar indah.

Dan, ternyata selain di Indonesia, ada juga lho kursi raksasa di Los Angeles. Ini buktinya.






[sepertinya asyik menikmat kopi di atas kursi raksasa]

Ditulis Oleh : Unknown ~ Carita Campur Attu | Obrolan ringan di warung kopi

Carita campur attu KURSI RAKSASA ini hanyalah obrolan ringan di warung kopi yang diposting oleh Unknown. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca dan mengomentari carita campur attu ini. Kritik dan saran Anda adalah attu' terindah yang kami nanti-nantikan :D , karenanya mohon penuhi kotak komentar kami dengan attu' terindah yang pernah Anda miliki.

:: Lagi GALAU? baca ini! ::

0 komentar:

 
carita campur attu | pacarita | obrolan ringan di warung kopi powered by blogger.com
Design by Carita Campur Attu Blogger Templates