BASAMAMI [Makassar, Bisa Tonji!]



saya memulai dengan basamami sebagai intro atau  sara'na tong[1], agar dilicinkan jalannya.
basamami berasal dari 2 kata, yaitu 'basah' yang berarti 'basah', dan 'mami' yang merupakan imbuhan dalam bahasa Makassar yang dapat diartikan 'sungguh', 'begitu', 'amat', 'terlalu', 'sedemikian'.
jadi, basamami menurut bahasa (mungkin) dapat diartikan 'sungguh basah' (sorry mami anne dekkeng punna piti kanakanaia'[2]).

Makassar, memang menyimpan banyak cerita (meskipun itu carita campur attu'[3]). Ada banyak istilah yang muncul dalam renyah pergaulan di segala pannyingkul[4].

Contohna, seperti yang saya dapat dari http://panyingkul.com (tabe' kucopas alias copypassa mami anne dekkeng.).
Komentar :
02-08-2011
Dari : |
02-08-2011
Dari : Andi Ato rakhmawan | torandy20celebes@yahoo.co.id
Rindu Makassar ku kodong..... ada lagi istilahku... KANRE mi Anjo BALALA.... hhahahaha.....
10-07-2011
Dari : Z.B | Zai.al.aflah@gmail.com
Deh.. bate ku makkala' baca ki..!
16-04-2011
Dari : Bambang Permadi S.K. | ppcimks@yahoo.com
Tentu istilah ini (“Kandala’-kandala’ kalau saya yang ambil uangmu!” Artinya, “Saya rela menderita penyakit kusta (kandala’) apabila saya yang mengambil uangmu!”) jangan menjadi pembenaran sehingga menstigma negatif kepada penyandang kusta seolah-olah bahwa kusta adalah "kutukan", padahal kusta bukan kutukan dan bisa mengena pada siapa saja. Bersyukurlah kepada Allah SWT kalau anda tidak menderita kusta. Agar masyarakat mencari informasi yg benar tentang kusta, sehingga kita tidak menghakimi orang yg menderita kusta..
12-04-2011
Dari : piyu | pa_tauw@yahoo.com
ada termos rusaknu....ambil'ki kacana tu trus tumbuki sampai halus baru gallasakki tapi beliko dlu parakukkulu...(tappu uukiii, ede de ada pasukki langi)
05-03-2011
Dari : aco | baco@gmail.com
bagus na di,... ijin copas daeng ..
20-02-2011
Dari : myong | duffildji54@yahoo.com
kalo....bless ta buttu'na
16-11-2010
Dari : isme | ismedali@gmail.com
tawwa...nia mi sede'
14-09-2010
Dari : tari | kainolestary@yahoo.com.
ihhh... kusuka'na....!
11-08-2010
Dari : Mahmud | papa.gail26@yahoo.com
ok daeng kidal ( kiri dallekang )
17-07-2010
Dari : daengROMPA | hit4mpek4t@gmail.com
woi... sappeda... standarna,,, bassi... hahaha
25-05-2010
Dari : Muh. Fakhrun. S | theboeg@gmail.com
Apa na kana daeng'ngae (Lu Ngomong Apa Si) jadi kangen pulang...... I Love U Full Makassar
18-03-2010
Dari : hem | bwithm@gmail.com
iyoi mi na tippa!!
16-10-2009
Dari : la baba | riquelmejuan@yahoo.com
ada lagi sodara..dari pare2..asse'na tantara..mati kiri..kapojiang..cuk ka ulu/cukka tappa..
16-10-2009
Dari : la baba | riquelmejuan@yahoo.com
kalo dulu di pare2 ada mappuntu..malle'ba.. massanta'..kalo istilah lokalnya ada paccobi2 (tukang ejek)..paareare (suka membantah)..
12-10-2009
Dari : rizqa | rizqa.muthmainnah@gmail.com
unikkknya ma mo ini web! ^^ gogogogo pnyingkul! jaya terus!
19-08-2009
Dari : aby For | sincan_manis@yahoo.co.id
baji mentongi ini situska kusuka'na... sulawesi banget gito loh (ups...) harus pake loga' mangkasara'... sulawesi duduuiiii he.... baji'na tawwa
15-08-2009
Dari : okecing | okecing@aol.com
Ih...ka kubilan memannja' ini situs baji' mantongi...kusukaki situs yam beginianga, biking ingat wattuku caddi rioloa, makkala' tojenga kalau kubaca-baca istilah makassar disitus ini, kalo boleh tanya apa itu artinya "golla-golla calabai".....? uh dee rantasa'na..
23-07-2009
Dari : App | palattae09@yahoo.co.id
matimija,,,, lompo ulunna,,, ngaoako,,, elotong dikana,,, baruka juga belajar istilah-istilah penhinaan ,,,!
07-05-2009
Dari : awe | awe_xtectoner17@yahoo.com
ada lagi istilahku (istilahmu ji Ee..hhee) *tukar dulue uang pete' - pete' ta... *piti kana-kanai ko...
07-05-2009
Dari : awe | awe_xtectoner17@yahoo.com
weh, makkalakku baca semua komentar2 disini..mantap mentong.. tapi tundulu, temang2 adda yg tau artinya istilah "ANAK SONGKOLO INiE..." ..???? secara harfiah maknanya apa ya?? hhee thanks. makssar bisa tonji daeng!
29-04-2009
Dari : Anwar | muhammad anwar.malik@yahoo.com
Iyo,memang tawwa,istilah dan dialeg makassar memang unik.Dulu saya suka main santo-santo. Yaitu permainan batu, mainnya berpasangan. Biasanya 2sampai 5 pasang. Kita cari batu yg lappara (pipih).Dalam permainan ini ada istilah Picco serre(mata ditutup sebelah,Picco ruwa(mata ditutup dua),A'dende(batu ditaruh diatas punggung kaki baru melompat-lompat).Kal au dapat menjatuhkan batu lawan itulah yg dinamakan "santo".A'jarang-jar ang atau A'denge(menunggangi teman yg kalah dlm permainan ini.Pitappa(mampu membidik/menjatuhkan batu lawan sesering kali),Jekkong(culas) ,Resteng(pindah segaris),A'lecceng(m enghindar).Ada beberapa lagi istilah tapi kukaluppaimi.Panying kul memang mooooi.Tarima kasih dudu'a mengigatkan masa-masa indah.
02-04-2009
Dari : smengcool | tangguhsatrianto@ymail
kalo ini iya;isseng ko deh,montoro',taradid i ngokko' jambu,nganga,dalle'n u macang,lalena. bagus ki tawwa rubsna
05-03-2009
Dari : adhy uwo | adhycinu@yahoo.co.id
gammaraki tulisan nu ptner,, main enggo lari iya knp tdk adaki msuk dlm tulisan mu ptner,, nu ingat ji toh wkt main enggo-enggo lari yang klo kau jag lari ko pulang..kandalaka masi kuingatq..he..he..he ....tanks tlh membawa org2 yg mau ingat masa lalunya..sukses sll..
04-03-2009
Dari : Ichal laute | rizalbtpn@yahoo.com
Klau pat'tittili apa bhs indox Bos...
24-02-2009
Dari : nana_ | na2_m26g@yahoo.com
ada lg bos istilhna agang2ku dulu d sma po'pongoro : tolo2 sini pi hay kasyaan: kesini dong sikulu' ine : sialan lu nasussaiko? : ??? nagatalliko? : amba' mi msh bnyk lagi tp sa lupaimi he2
19-02-2009
Dari : ciwank |
adalagi istilah itu cikali appoti-poti' ikut
12-02-2009
Dari : masnijuri | masnijuri@yahoo.com
Selamat dan saya ngakat topi dengan adanya website ini. kita-kita ini yang jauh kodong bisa juga melepaskan rindu dengan membaca beberapa tulisan disini. Selamat
17-01-2009
Dari : rere | rhere_22@yahoo.com
rinduku gang sm masa kecil ku...sama teman2 kecil ku....jaman2 main dende...main beklan juga...ada juga yang namanya main santo' (hahahaha), main Bom+main asing....smpe nu poso lari2.. tp nda pernah mi anak skrg kynya main yg ky bgtuan smua....
24-12-2008
Dari : didintampan se jawa-bali (makassar jg) | didincakep@yahoo.com
lepra mengalirka, (kandala massolonga)
02-12-2008
Dari : Thasim | anagowa@yahoo.com
canggoreng itu kan kacang, jadi kalo di masak canggoreng pallu dong...
29-10-2008
Dari : egol | suaib_eddy@yahoo.com
klo ini iyya; sanging mami ya'gatta, am-mose'.....tolonna dicarikan artina..
24-10-2008
Dari : linChye | Trimeilina.lia@yahoo.com
chyeQ mumet ni Q kn mnt almt FS bkn Blog Tw.........
21-10-2008
Dari : kaco'dong | hansamunotengu@yahoo.com
mau tongka' kodong bertanya kenapa kata "gandrang" itu sering dikonotasikan dengan kata yang jorok ? padahal kalo' menurut harfiahnyakan kata "gandrang" itu berarti "gendang (alat musik pukul). Thanks info baliknya.
20-10-2008
Dari : mato' | amj_datuk@hotmail.com
seringka juga dengar temangku bilang "sikulu'" trus pernahka juga dengan ungkapan "piko bera' di kaleng-kaleng". apa semua sede' itu artinya
14-10-2008
Dari : RuRuW | rurumarufee@rocketmail.com
jd mo tongka bertanya... apa bhs indonesianya "cippe'"??
05-09-2008
Dari : to pulau | wunantoAbdy@yahoo.co.id
mauji kutambai ces..... ada itu biasa kalo orang nontong pilem berkelahi-berkelahi? na bilang orang...mana tolo` na?. tolo`dalam bhs indonesa berarti jagoan.. anu juga... sappang juga..
05-09-2008
Dari : tenrygappa | tenrysweet@yahoo.com
ada jg dulu permainan tumbuk-tumbuk belango (tangan dikepal saling menumpuk dg tangan tmn main) ada tonG tauwwa lagunya kamma-kamma anne (bukan nama orang he..he) "Tumbuk-tumbuk belango,belango minyak rong,rong cakalele buka satu di bawa" sorry mami klo lupa-lupa ingat ka lama skaliami bela. peace for Makassar Community
04-09-2008
Dari : dg acho | ucyl_stupid@yahoo.co.id
masih ada permainan yang sampai skrng masih di mainkan - enggo-enggo(sembunyi -sembunyi) - lojo-lojo(saling kejar-kejaran) istilah sappeda(sapaan),ngap ami'e(kenapa) juga populer
22-08-2008
Dari : A.d.i.N.D.a | reanimation_link2@yahoo.com
Aduuwhh . . kasih advice dunk . . gmn cara kilat belajar bahasa makassar . . ingin mengejutkan seseorang neh . . Help me ya!!!
03-08-2008
Dari : rina | ryedjunaed@yahoo.com
cecce..jai memang istilah seperti ini dalam permainan maupun pergaulanna anak makassar.cuma jarang mi kita dengar karena ana'2 sekarang lebih na sukaki logat. issengi, dari manaare.
27-07-2008
Dari : tantara bapakku | alhy31@yahoo.com
tambai istilah palopo deh. 3B alias Baga-Baga Bah. tambahan juga untuk istilah lama Battu kimeaiko, nampannu ku cidi'i
27-07-2008
Dari : tantara bapakku | alhy31@yahoo.com
mo ka tambai satu lagi istilahna de' untuk permainan ana2. Bundu-bundu ato main perang-perang entah dengan senjata apapun itu apakah dari bambu yang diisi koran basah (kulupai namana ces.) ada juga istilah maeng asing. kalo bahasa jawa Gobak Sodor. Kalo nda salah juga ini merupakan permainan anak2 orang inggris karena diduga berasal dari kalimat "Go Back to Door" Ada juga istilah maen gebo-gebo' yaitu bola dari koran bekas yg kemudian diikat supaya nda ta'bongkar. Tujuan permainannya adalah kasih kena (ancurna bahasaku di? passang tommi de' Makassar RULES here) lawan dengan bola itu. ada juga main Boi, hampir sama dengan main gebo-gebo cuman tujuannya adalah menjaga tumpukan batu agar tidak dilempar dengan bola itu. jadi pihak yg menjaga batu kalau memegang bola harus melempar ke pihak lawan. Pihak lawan memancing (biasanya tolo'na) untuk dilempar dan berusaha menghindar. kalo nda kena , maka baku rebutmi itu bola, kalo yang menyerang dapat maka dipake untuk menjatuhkan batu. kalo yang dapat yang jaga maka dipake untuk mematikan lawan, Jika lawan sudah mati semua, maka giliran jaga pun berubah.
27-07-2008
Dari : tantara bapakku | piston_gila@yahoo.com
untuk Juniar.. Gallang Santa itu artinya orang yang kalo maen kelerang tinggal satu biji ato minimal sisa kelerangnya diluar dari pasang (misalnya pasang 3 biji kelerangnya sisa 3 ato 2 tapi karena harus ada 1 pakkamba'na maka sisanya itu mi yang dipasang dan semua yang lain ikhlasji menerima. Tambahan juga untuk istilah na gigi makie' sebenarnya ini istilah muncul dari anak kandea (you rock guys!) yg sekolah di Belakangnya mesjid raya dekat rumahnya Dg Ucu Kalla, suka na callai temanna yang Bonengkiu gigina, selain itu memang itu anak ngototki kalo sigea nda mo kalah, jadi na callai mami dengan na gigimakie'. Karena keterusan (malahan pernah berkelahi gara2 ini) akhirnya keluar juga itu istilah dari sekolah dibawa ke pergaulan dalam sehari-hari, dan mengalami pergeseran makna menjadi istilah defensif (alias tangkisan) untuk orang yg kalah berargumen alias seigea.
14-07-2008
Dari : dawsz | dawsz_071@yahoo.com
nabilang ana palopo"tanya ayam" ato harammatika..ele
30-06-2008
Dari : iful_daeng parani | ifulyusrie@yahoo.com
1. Tambai sambalu'....ini biasanya diucapkan oleh ibu2 atau cewek2 yg uangnya pas-pasan tapi mau dapat banyak waktu belanja ikan atau sayur di pasar...hehehe 2. Porena tawwa....kalo kita jago main ( dende2, kil2, ulu2, enggo2 dsb ) biasanya kita akan mendengar pujian ini 3. Mariki' di'....tidak perlu dijelaskan...hahaaha ...mariki'
16-06-2008
Dari : Nandar Mo' | nandar166mpl@yahoo.co.id
saya tamabaiki juga Cappo' ada dulu itu permainan yang kalau pulangki sekolah kertas buku ta' yang lama dirobekki trus di buat sedemikian rupa" kalau nda salah namanya "Ode-ode" disimpan dikaleng trus dilempar pake batu "Patta'ba" dulu saya kalau cari pattaba' (batu) jauhku cariki sampe pergika dekatyang kanal; + 1 lagi ada juga karet yang disimpan di atas tiang buatan trus di datteki kalau nda dakki ki karetnya berarti kita yang ambilki,,, Lutjunya di'''' jadi rindu sama MAKASSAR koe
04-06-2008
Dari : Dg. Tiro | andharhester@yahoo.com
Tambah lg cesss Nakana ipepe,Naciniki ibuta, Nangkalingai ituli :-)
04-06-2008
Dari : ninnonk | ninnonk gmail. com
wE DE DE na kokko maki E kodong kita nda ki kasiang apa nakana....
04-06-2008
Dari : Tata' Nanring | andryvick@gmail.com
Khuahahahh, pakakkalaki tawwa... Pasti ini Daeng Satriaas, pitappaki a' baguli.. Kalo kena garis, 'puntu' klo ndak salah.. Ada yang bilang juga Pontu,..Ponto..whate vahhh -salute-
03-06-2008
Dari : Waty dg masennang | khairawaty@dhelmara.co.id
ada yg ko lupa ces soal istilah pergaulan... calleda & taletalekang..kata calleda saya ingat sekali soalnya saya suka dibilangi adekku calleda kalo saya terlalu supel.. kebiasaan di mks dulu anak perempuan tdk boleh terlalu banyak tegur orang kata orang bugis tidak malebbi ?
15-05-2008
Dari : Bang Lala | brutonindo@gmail.com
saya tambai naaaa......"ca' bondeng bondeng na de'e....
10-05-2008
Dari : salam el marewangan | salamzetyadi
alhamd........syukur dech ternyata machazzart dah punya situs, makin rajin deh aku kunjungi, tolong dech di kasih kabar terbarunya ttg machazzart. SAPEDA (salam pertama dariku)
21-04-2008
Dari : hahahahahahhhhhhaaaa... | amusthoqir09@yahoo.com
gammara'na komentarna daeng satriaas, langsunga ero sikali motere makassar.kangen bgt euiiiyy..btw,klo maen baguli ada lg istilah appattisi(=poccis??) , puntu sm a'lama'lama'.heheheh ..baru2 ini sy ikut diklat komunikasi,instruktu rna org jawa menjelaskan ttg kekayaan basa jawa.trus sy ingat kata kadonteng (gumpalan2 tanah kering yg kecil2 biasanya dipake anak kecil untuk abbundu'bundu di sawah).sy tanya basa jawanya tp instruk ga tau.btw, ada yg tau ga basa indonesianya..??sama ko'dak, apa ya basa indonesianya?
21-04-2008
Dari : galpar--gallang paracci | satriaas@gmail.com
ambe a' baguli'!! ambe mi.... berapa poko' nu? sepuluh ji saya kau? appa'..... eeedede tea mako akkarena punna appa' ji poko' nu.sikali ji taruu' ka' gallang mako sede'... berapa di tannang? ta tallua mo iyyo.... mana kau pattaba' nu ini mo saya, kelereng mata kucing kau iyya? ini saya, kelereng susu. saya kelereng ciber...(cippe' berkualitas) ------------------ maing apaki'? rutta'? ulu-ulu? jamma ko de.... poccis mo... ede de...kyu-kyu mo ------------------- maing tarru' maki de... iyo.....pale' ------------------- garis mi..... pake kaki mo, jammako pake tangang supaya gampangi '*****'(ada yang tau kalo kelereng terkena garis?apa lagi istilahna cika'?)...he..he.. ------------------- amba' mako, dillas ka' iii...porenu saya rampika' cop saya boko-boko.... sapa ji pale amba'? pus maki' de iyooo..... ------------------- wakakakakakak
12-04-2008
Dari : anna | dinda_akira@yahoo.com
ini baru asli makassar nyamanna tawwa,jadi ingat masa kecil dulu..
11-04-2008
Dari : sakariah | hai_areyou@yahoo.com
ngebaca rubrik panyingkul walau saya tinggalnya ditanah bugis makassarji, tapi rubrik ini mengingatkan kita pada masa kanak2 yang lekat dengan permainan anak2. membaca rubrik ini seakan teringat kembali ma teman2 kecil. banyak lho teman2 saya. kampungku tepatnya di jalan barukang cambayya makassar namanya khususnya dipanggil camba lompoa, tepatnya di dekat mesjid nurul iman. teman2ku ada namanya sudirman dipanggil sudir, rudi, arman, adi, haris,
26-03-2008
Dari : ahmad | mpenza_9@yahoo.com
nyamanna tawwa jadi kangenka' sama makassar juga. istilah-istilah yang menyindir dan macalla'nya itu saya suka sekali. berkembang tongi bahasanya jadi gaul dan meluas dengan gayanya sendiri. ada tong itu dulu kalo moki panggil orang pake:"ppiu". u-nya pake suara kepala, jadi nadanya Do tinggi
22-03-2008
Dari : Ali | pallumudeng@yahoo.com
bagus tawwa. Main asing atau asin benar yang mana? ada kaitan dengan Te'(tertangkap/terse ntuh). lagi. Patotoai kalau tidak salah / seingatku bearti (kurang ajar anak mudah terhadap yang tua). na lacci maki, pacarnya diambil orang lain. don doro, kaitannya dengan main baguli. tak liwa liwa(berlebihan) sinonim juga paleceang. Ba'(ungkapan penegasan mengiyakan atau menafikan tergantung kepada tekanan suara pada saat penyebutan). Allei cammo(ungkapan seorang tua kepada anak kecil), balala(rakus). Rantasa(makna benarnya kotor, makna maknawinya mirip dengan kappala reppe/kapal pecah). Pa kappala tallang, hati-hati jika bepergian dari Pelabuhan makassar ada saja pakappala Tallang(pencopet dan sejenisnya)
13-03-2008
Dari : ardian | akoe_ardian@yahoo.com
pfuuuhhhh, tambah rinduka rasanya sm mks pas habis baca tulisan diatas. palagi kata2x. kata2 yg pernah bgitu akrab krn sering dipake baku calla2 sm tmn2 kmpus. di pake becanda, pokoke bhs yg penuh kehangatan (he2). mks, i missss u so mmmuuuaaaaaccchhhhh
08-03-2008
Dari : DJ - stikom03 | adam_duri@yahoo.com
Terharuku' liatki bahasa atau istilah-istilah mangkasara' di populerken melalui internet, mantap kawan-kawan..., hanya ada satu kata untuk hal ini "pitap'pak'ki'".
03-03-2008
Dari : arhie_teknik_elektro09 | arhie_gagah@yahoo.co.id
klo istilah makassar bagusji tiu di budidayakan...sepaka t ma arefun dibuatkan kamusnya....tapi yang kata-kata kotor (sundala,suntili)nda usahmi kan terlalu kasr bela
02-03-2008
Dari : arefun | arefun_82@yahoo.co.id
Bahasa / logat makassar sebaiknya di budayajkan , dan alangkah baiknya apabila dibuatkan semacam kamus bahasa (logat makassar) iyo tujengga' kodong
22-01-2008
Dari : Ballang | smyle026@yahoo.com
Bagaimana dengan istilah "BUAGANG" ?? saya sering dengar istilah waktu KKNP di wailayah Cambayya Kec. ujung Tanah.
18-01-2008
Dari : RAHMAT | rahmat@makassartv.co.id
bahasa gaul orang makassar dengan istilah yang multi etnik dan ditafsiran oleh orang yang memiliki filosofidasar tentu saja ini perlu dikaji apakah memang istilah ini memiliki perlu mendapatkan penelitian dasar atas bentuk sosial yang mungkin tidak akan rapuh
14-01-2008
Dari : hape01 | hennypurnama@yahocom
Wee, terlambatku di'? Ada tong sa ingat dulu waktu msh kecilka', istilah "tamba-tambai sambalu'" (belumpi disebut to?). Biasa dipake kalo beli sesuatu dan kita ingin porsinya ditambah. Juga istilah "siapa jadi tolo'na", "tolo'" berarti sang jagoan baik dalam permainan atau aktor yang berperan sebagai jagoan dalam pilem. Tapi bagaimana dengan istilah "mari kita kemon(g)"? Dulu sepupu saya sering sekali mengucapkan kalimat itu. Dan kalimat "nagigi' maki'"? Menurut saya, semua istilah muncul seiring perubahan zaman. Contoh seperti sekarang sering terdengar kalimat "bisa tonji". Trims.
11-01-2008
Dari : arefun | arefun_82@yahoo.co.id
DaLLeKKO, Bahasa makassar ji Tawwwa,
11-01-2008
Dari : a |
09-01-2008
Dari : passompe | bacotang@yahoo.com
Well done, bro ! Sebenarnya topiknya ada di sekitar kita, cuma penulis jeli mengangkatnya sebagai bahan tulisan. Salute ! Ada tong dulu itu istilah 'bacu'. Itu kalo kelereng kita lempar, trus kena qi kelerengnya lawanta. Istilah 'bacu' ini bisa jadi melebar di kalangan bapak2... Jd kalo beliau2 lg main tennes trus bolanya tdk sengaja kena anu,...disebutmi BACU'i....
18-12-2007
Dari : nur ikrar aisfar | www.ikrar_aisfar@yahoo.com
bahasa gaulna orang sulsel memang unik ^_^ klo ada orang orang yang mengungkapkan ungkapan tak terhingga dengan "kunci2 dunia" di sinjai khususnya kami menyatakan dengan ungkapan "sitongko langi'..."
17-12-2007
Dari : RASWAN | RASWAN_7501@YAHOO.CO.ID
MAKKALAKKA CINIKI .... BRAVO MAKKASSAR . RASWAN MILITARY PILOT SCHOOL JOGJAKARTA
11-12-2007
Dari : azhariah Harun | vieraharun_tsfm@yahoo.com
Ada dulu temanku di kampus, kalau marah atau kecewa sama saya, dia bilangika': "Agang Kodina ini-E". biasanya kalimat itu dia ucapkan kalau sudah sangat marah. Jadi, kami teman-temannya bisa mengukur tingkat kemarahannya. Kalau kalimat pamungkuas itu belum terucap dari bibirnya, berarti blumpi marah skalia.
07-12-2007
Dari : Labbiri | mangkasaraka@yahoo.com
ada tong itu istilah takkes, apa itu artinya???? biasa juga pake istilah sala matanna enggoki....
10-11-2007
Dari : syamsoe | toyota_gue@yahoo.com
sare i bayao... mauku makang lobe-lobe? makassar ku nda kala ji bozzz
02-11-2007
Dari : pabaengbaeng | pabaengbaeng@hotmail.com
salut komandan,sakit perutku ketawa baca tulisanta',penghibur ces utk kita yg lagi dirantau jauh mencari ilmu. maju gondrong!
15-10-2007
Dari : Andi Perkasaputera | acha_andi@yahoo.com
Saya seperti rugi karena dulu kurang gaul ............ sepertinya ingin mengulang masa-masa SD dulu, beberapa kata-kata itu dulu akrab di telinga tapi beberapa sepertinya baru muncul
10-10-2007
Dari : merry | sewakabakti@yahoo.com
Saya jadi senyum-senyum membaca tulisan di atas. Jadi ingat kampung halaman. Walau saya bukan orang Makassar, tapi karena lahir dan besar di sana, saya merasa kampung sendiri. Karena tutur kata saya masih penuh dengan imbuhan-imbuhan Makassar, ..seprti, ji,ka,to, na, dan lain-lain; kawan-kawan Indonesia yang berasal dari luar Makassar, selalu saja terbahak mendengar saya berbicara,..Syukur saja tidak kelebihan vitamin `g`. Benar-benar home sick, membaca tulisannya.
08-10-2007
Dari : Doddy Tumanduk | doddy.tumanduk@yahoo.com
Kasihannya orang kandalak kaa, coba istilah ini bisa dihilangkan, ini menambah stigma dan diskriminasi terhadap penyakit Kusta, sudah-sudah mii itu kodong.. bisa tonji sembuh penyakit kusta trus apa bedanya kusta dengan TBC, HIV, Penyakit Jantung (penyakitnya koruptor kaa) atau penyakit leaver, sama jii too?? bisa tonji disembuhkan penyakit Kusta, gratis mii juga obatnya. makanya jangan lagi ada stigma dan diskriminasi terhadap Orang Kusta, terima kasih
30-09-2007
Dari : idda | iddamks4@dada.net
kayu-kayuan itu masuk istilah makassar juga
23-09-2007
Dari : afiat | afiat_artistik@yahoo.co.id
Dari daftar istilah yang tertera didaftar tersebut mungkin perlu ditambah dari kata petappa / taru agar kata tersebut mungkin lebih taru lagi " Salam buat seluruh anggota Panyingkul agar bisa selalu menjadi penunjuk arah bagi orang-orang yang membutuhkan Informasi terutama bagi teman kita yang ada di kandang oto disana yang bingung cari kehidupan " mungkin kapan-kapan waktu dilema remaja ini bisa dibahas sedikit dalam wacana Panyingkul diwaktu-waktu mendatang Trims.
22-09-2007
Dari : Palluka Jene | tobarani@yahoo.com
Garingg kakalaka abacai komandan, mannasa iamennne kobayaya, cececce asulukuki urusu amakala
04-09-2007
Dari : Muhammad Iqbal | iqbal_m70@yahoo.com
Makkala' kale2ka bacaki rubrikta, bahasa beginimi yang saya pake dulu di Makassar. sampai2 Agangku ri Kantoro kana... kenapaki ketawa sendiri. hahaha...
04-09-2007
Dari : atike | tike_bugisji@yahoo.com
iyo tawwa,..bagus tongi ini yag dibahas. Saya termasuk malas surfing, browsing, dll, jadi baru tau situs ini waktu jalan2 ke gramedia. Ada buku yang isinya menarik, penulisnya komunitas makassar di panyingkulu moka beli tapi edede ka'jalana kodong,.. kembali soal istilah, waktu bicara dgn temanku yang kluar komentar 'ka tappumi itu kawe' saya yg lahir besar Mks jdi tdk menger' apa ma'sudna setelah dijelaskan katanya tidak ada sanggahan lagi atau jawaban atas pernyataan yang keluar sebelumnya,..Ooo..ta pi masih pusingja dech ..hehehe
02-09-2007
Dari : takha | ceritaka@yahoo.com
aslee kreatif nih, mantaf mang tong yang nulis...bicara soal istilah kreatif khas makassar, agang ku yang orang jawa pernah bilang orang makassar itu kreatif banget, sampai cacian pun ada istilah yang disingkat. awalnya karena dia tanya s**nd*la sama s**tili apa bedanya, jadi dgn berat hati terpassa mami jadi pakar bahasa kotor q sedeng, ku jelaskan mi kalo s**t*li' itu maknanya s**d*la' tiga kali dan dia lansung komentar gitu. trus kalo lagi iseng dia tanya ke saya " apa kareba..?" tapi dijawab lagi ma dia "bajaj bajuri ji.." "nyambung ji kah ini..." kabur ma deeh....
24-08-2007
Dari : Dey Agusta | deyagusta@yahoo.com
wee, kasih masuk tongi kata "kastone" untuk sesuatu yang lucu atau "pakakkala". ada yang tau asal kata ini???
23-08-2007
Dari : Dey Agusta | deyagusta@yahoo.com
Terus nabilang IntanG, nampade'de' ja kasiko pakkorokku...hehehe, terus nabilang Adam, padamu ma'belle... begitumi Dg. Nuntung?
18-08-2007
Dari : daeng nuntung | daeng.nuntung@gmail.com
saya ingat anakku Adam, dia bilang begini sama kaka'nya IntanG, oe Intang, kenapaki ambil kembali pakkoro'mu gang, na sudah dikasikangma? awaski nanti puru-puru singkulukki?..... Wass, DN
11-08-2007
Dari : 1203dy pallaka' | super_chuek@yahoo.co.uk
hayo.... siapa yang mo main enggo'-enggo'? jadina ko nah!!!
05-08-2007
Dari : Juniar | juncheng_ducobu@yahoo.com
Terima kasih kepada sdr Mohammad Ali Parawansa atas bantuan penjelasannya. Tadinya saya meraba-raba dalam gelap, dan saya kira gallang santa' itu terminologi dalam permainan santo'-santo'. Haha, jauh ya. Resteng, resteng. Sekarang sudah mulai terbayang lagi deretan kelereng di satu garis itu. Ada 'ulu'nya. Trus kelereng cippe' tidak laku. Ah, kira-kira masih adakah anak zaman sekarang yang main kelereng cara itu? Namanya ulu-ulu, ya?
29-07-2007
Dari : Yang dulu suka recu, simpampoko | taufiq@lihawa.com
Hahaha..bagusnya tulisanta Daeng, sa langsung rindu sama kelerang pakambakku, kelereng susu...Hahahahhaha Sa tambah na..Istilah dari masa ke masa: - Assauna dottoro' (enaknya!) - Biassaja! (biar saja!) - Bajiki rong! dijawab, apana panra? - Maju Gondrong! Apalagi di' Ada juga istilah Maccing kalo nda salah, yg artinya mantap/bagus. Istilah mks juga terpengaruh sama tajwid, misalnya : - Yammanayya? (yg mana yah?- nun mati ketemu ba) - Simpampoko (Simpan pokok, sembunyi kelereng modal, jadi nda bakal kalah) Makanya nda heran, banyak juara MTQ dari Sulsel. Akhirul kata, salut sekali lagi buat yg nulis..Wassalam!
24-07-2007
Dari : ikok | ikok_mute@yahoo.co.id
kuakui, mantap mentonk yang buat artikel ini, saluut. Lain daripada yang lain. akhirnya istilah2 itu muncul juga. tambahan juga dlm permainan kelereng ada istilah 'main puntu'. eh lupa , ada juga istilah dalam permainan layangan ' benang gallasa' uNik kan?
13-07-2007
Dari : daeng Ngewa | suratman_mr@telkom.co.id
Mantap mentong yang punya ide ini. kalau boleh saya tambahkan. Santa' (berhenti sejenak/berhenti/keh abisan) hampir sama dengan ammari. ada juga istilah gaul anak makassar sekarang(atau dari dulu) yaitu padodongi..(tidak bisa diharapkan) hampir sama dengan pacce'i... Salut buat yang punya ide...majuko gonrong munduru'ko bota'.
13-07-2007
Dari : supir truk yang bahagia |
ada juga "sanging mami oke, nampa sobekja" untuk menyindir orang yang begaya sekali tapi ternyata cemen ji. ada tong "tanja'na", ungkapan menyidir yang artinya liat-liat mukamu kalo bicara(kadang di plesetkan jadi "tanjakan" - dengan penyebutan panjang pd suku kata kedua). sare bayao! (paling rame dipake di tahun 90-an). penutupnya "hancur ko lame-lame" (rantasa' dudu mi di'..maklum pembicaraan di kalangan sopir truk, yang keras hidup dan keras mukanya)
06-07-2007
Dari : dahlan | dahlan@inco.com
ha ha ha..creative thinking..baru kali ini saya membaca tulisan yang seperti ini..langsung mengingatkan kepada teman2 sepermainan kecil dulu..yang kini entah kemana semua.. thanks..tingkatkan lagi ces..
05-07-2007
Dari : odhy | adhyvsky02@gmail.com
ana` kecil dekat rumahku disudiang suka sekali bilang begitu, klo bersumpah ki` btw...bagus tong tulisanna, jarang2 ada yg perhatikan hal2 seprti ini, ato nda kurang kerjaan ji ini reporternya? hwheheheheh
04-07-2007
Dari : ayoe | rindriasari@gmail.com
dehh kusuka'na ini tulisan gang,,karena lengkapki tawwa dengan artinya. Bagusna coba' ada versi bukunya di', kayak handout gitu loh,,hehehe. Membantu untuk menjelaskan istilah2 tersebut pada teman dari suku lain. anyway thanks buat tim panyingkul karena "panduannya" sangat berguna buat saya yang suka bingung menjelaskan istilah2 makassarku k misua yg bukan org sulsel..:)
02-07-2007
Dari : ippank | daeng_gaul@yahoo.co.id
Apa kareba bos? walaupun jauka ces dari kampung tapi saya selalu merindukan kota makassar,saya baru dapat ini PANYINGKULU semoga dapat memberikan masukan apa yang tidak kutau dari makassarku.. salamku untuk semua na'
02-07-2007
Dari : Chia Irsyad | chirsyad@yahoo.com
nyengir2 kuda ka' baca artikel ta'...sudah lama sekali rasanya tidak mendengar istilah2 membumi seperti itu...oddani ka iya na taro kodong...bagaimana dengan istilah sangkammai balao cici'...mungkin cocok utk menggambarkan orang yang banyak omong dan kalo bicara nyelekit2 gitu loh..
02-07-2007
Dari : Chia Irsyad | chirsyad@yahoo.com
nyengir2 kuda ka' baca artikel ta'...sudah lama sekali rasanya tidak mendengar istilah2 membumi seperti itu...oddani ka iya na taro kodong...bagaimana dengan istilah sangkammai balao cici'...mungkin cocok utk menggambarkan orang yang banyak omong dan kalo bicara nyelekit2 gitu loh..
30-06-2007
Dari : Mohammad Ali Parawansa | achoq@yahoo.com
Untuk sdr Juniar Istilah dalam permainan "ulu-ulu" Gallang Santa - Modal kelerengnya tinggal 1 (sisa patta'ba'), dan untuk mematikan lawan, harus melompat melewati atau mencapai posisi pelemparan lawan Gallang Paracci - Modal kelerangnya lebih dari 1, tapi kurang dari yang seharusnya, dan untuk menggeser posisi pelemparan lawan, harus memakai kelereng "patta'ba'" yang dikenakan ke kelereng "patta'ba'" lawan *aduh sampe keringat dingin nyari bahasa penjelasannya*
21-06-2007
Dari : mahe | ma_he2212@yahoo.co.id
ada lagu daerah populer dulu (skrg ?) di selayar, apa tosseng artinya: " tarantang kote' rajamuda basokkorong tena mate pa're mate sitobo'-tobo'.."
15-06-2007
Dari : Juniar | juncheng_ducobu@yahoo.com
Salam kenal buat aco bollo. Dari semua yang sudah memberi komentar, baru Anda yang menyebutkan Gallang Santa'. Padahal, menarik untuk ditelusuri bahwa istilah itu sudah berkembang mendapatkan arti baru, yang sepadan dengan istilah 'single fighter', 'solo karir', atau kurang lebih sama dengan jomblo, tapi tidak persis sama. Kenapa bisa begitu? Saya baru tadi siang mendengar kata itu lagi di radio Gamasi. Trus terpikir terus sampe sekarang (jam 3 subuh). Ada yang bisa membantu menyegarkan ingatan kita-kita ini, Gallang Santa' itu arti awalnya apa? Apa yang dilakukan pemain waktu Gallang Santa'?
09-06-2007
Dari : Retty | mmargret67@yahoo.com
Menarik untuk memperbaiki kosa kata dan perbendaharaan kata. Kanda-kandala ka sama dengan kandala' kandala' ka'? Bagaimana dengan orang Bugis, apakah ucapan ini juga dipakai, atau beda? Mungkin menarik bila ada yang belajar bahasa mencoba mempelajari perbedaaan antara beberapa dialek dan cara penulisan lontaranya. Rantasa mungkin lebih tepat untuk berantakan atau tidak rapih, daripada jorok? Sekke bukannya pemarah? (barangkali!)
09-06-2007
Dari : Nico A | nictodoer@yahoo.com
Bagaimana dengan ungkapan: - Ballassi deng beca' - Tantara 'mate tong Senang rasanya membaca artikel ini, setida'nya jadi pengobat rindu akan kampung halaman
08-06-2007
Dari : ahsanur ahamad | la_kekomae@yahoo.co.id
saya punya istilah juga neh (appasai') digunkan biasanya dalam sepak bola kalo ada orang yang offside.
05-06-2007
Dari : Harris | alstomharris@yahoo.com
menarik yaa, saya juga sering dengar orang bilang" Madodong", biasanya ungkapan ini digunakan jika sesuatu harapan yang diutarakan tidak sesuai dengan kenyataan,
03-06-2007
Dari : arul | asruldin_azis@yahoo.com
wah..sudah lama ma ndak pake bahasa gaulnya makassar... padahal sering ja ketemu lagi sama anak2 sulsel... hehehe rindu nih...
30-05-2007
Dari : han | barombong16@yahoo.com
Ada juga istilah 'Tekker' e.g. '...tekker ki dulu na...' kemungkinan dari kalimat 'take care' dalam bahasa inggris
28-05-2007
Dari : ulum gany | ulumgany@yahoo.com
bagi kami yang pernah tinggal di makassar, istilah2 tersebut betul-betul membangkitkan kenangan kami sewaktu tinggal di Makassar.Yang lucunya kalau orang kandala sendiri bersumpah "kandala pinruannga atau kandala solongnga punna inakke ngallei"
28-05-2007
Dari : dg.Ngai | laelahs@yahoo.com
Boleh sa coddo sedikit, sa salut dengan tulisanta, jadi ingat beberapa kosa kata yang lamami tidak sa dengar lagi. Saya mo tambah sedikit... assauna dottoro..... (lega rasanya .... ini kalo ada sesuatu yang ditahan), Tale-talekang (apalagi itu artinya die? ) sepertinya samaji dengan Kaleceang.... Assoy deh (asyik...deh ) tapi orang bugis merubahnya menjadi essoi... na marakko (jemur biar kering), tambahki lagi tulisan yang lain nah..
27-05-2007
Dari : odhonk bugisons | odhonk_03@yahoo.co.id
Kata kunci-kunci dunia ada juga dalam bahasa daerah bugis "Sitongko' tanah sitongko' langi". Ini biasa diucapkan anak-anak yang artinya satu ruang antara tanah dengan langit.
20-05-2007
Dari : Batari |
Masukan buat "panyingkul"..Selanj utnya mungkin bisa diangkat tentang pemakaian akhiran di`,ki`,ji` dan mi dalam bahasa sehari-hari kita..Karena terus terang banyak sahabat2 kita yang berasal dari luar makassar sering mempertanyakannya..S aya sendiri juga bingung bagaimana menjelaskannya...
28-04-2007
Dari : dio | andi_muhyiddin@akv.co.id
Dillas jangan-jangan berasal dari kata the last? heheehe
27-04-2007
Dari : Nyomnyom | yazidnyom@yahoo.com
Jadi ingat tulisannya Aan..Jangan ada Kusta diantara kita..!!!
27-04-2007
Dari : editor |
terima kasih koreksinya. telah kami perbaiki penjelasan tentang ulu-ulu dan kil-kil.
24-04-2007
Dari : halim hd. | halimhade@yahoo.com
sebagai orang "luar kurung", meminjam istilahnya aan mansyur, betapa perlunya saya untuk mengetahui lebih lanjut daftar istilah yang nantinya bisa menjadi kamus. sebab, 10 tahun mondar-mandir antara solo-makassar dan daerah lainnya di sulsel dan sulbar, rasanya saya masih juga belum bisa memasuki bagian dalam dari kehidupan berbahasa di wilayah i la galigo. dan saya membayangkan suatu ketika saya akan bisa lebih bukan hanya mendengar dan meangkap maknanya tapi juga menyatakannya.
24-04-2007
Dari : agusdaeng |
oh, saya inga'mi,sa tambaiki lagi... Kunci-kunci dunia, asli bahasa indonesia karena yg mengungkapkan umumnya anak-anak kota yg belum paham benar bhs lokal.semula disebut sekunci-kunci dunia karena uang/harta biasanya tersimpan di tempat yang terkunci. jadi makna yg terkandung: semua uang/harta yg tersimpan di dunia.
24-04-2007
Dari : Dg Sitaba, Aslina Mangkasara' | tinggal di St. Lucia, Brissie
Koreksi; Kata appoloe' seharusnya: Appaloe'. Appaloe' disini bukan berarti bersiul, tapi mebunyikan peluit. paloe' dlm bhs mksr berarti peluit. jadi appaloe' mempunyai arti harfiah mebunyikan sempritan/ peluit. Contoh; "Anjo polisia sumpaeng napasa'rai paloe'na.." berarti; polisi itu tadi membunyikan peluitnya. Kalo bersiul itu mestinya "qui-qui"
24-04-2007
Dari : Mohammad Ali Parawansa | achoq@yahoo.com
sori klo bole saya koreksi sedikit: 'membuka arena permainan kelereng dengan menggali lubang kecil (untuk permainan ulu-ulu)- ini biasanya untuk main kil-kil (kil lobang) atau menggambar satu garis panjang tempat memasang kelereng. - nah ini untuk main ulu2. resteng, dillas - kemungkinan ada pengaruh bahasa Belanda ?!? Keep up the good work
24-04-2007
Dari : agusdaeng |
wah, jadi ingat masa kecilku, sedikit koreksi ya.. haramka' kodong, kata haram maknanya sesuatu yg dilarang (najis dll). jadi maknanya: saya jadi najis jika tuduhan anda/ini/itu benar. appoloe' yg benar appoloi'=bersiul(ver si makassar)kata dasarnya poloi'=siul, dipoloiki=disiuli. Patabba' yg benar Patta'ba' pangamba'= patta'ba' Kandala' kalau diulang menjadi kanda'-kandala'. untuk kata yg terdiri atas 3 suku kata, BIASANYA...agar jelas jelas liat contoh saja-- ta'gala'=pegang, ta'ga'-ta'gala'= pegang-pegang,--- rantasa'=kotor, ranta'-rantasa' =kotor-kotor... ulu-ulu tdk pakai lubang, tapi hanya garis lurus tempat memasang kelereng yg jadi sasaran.--- ...banyak juga gunanya sering nongkrong bareng Daeng Beca'(patallu roda).
24-04-2007
Dari : aco bollo | aliph_06@yahoo.com.au
dalam permainan ulu2(kelereng): ulu,kallong, gallang paracci, gallang santa'. permaianan poccis: kil, lama'. Permainan enggo jaga : enggo. Permainan santo-santo'. itu dulu ya. tabe'

sumber : Makassar
http://panyingkul.com/view.php?id=418&jenis=katakotakita

Tabe', silakan ditambah dikolom comment ya..
Mariki' di' :)

[1] = menjadi syarat
[2] = maaf jika saya keliru
[3] = omong kosong

Ditulis Oleh : Pacarita cca ~ Carita Campur Attu | Obrolan ringan di warung kopi

Carita campur attu BASAMAMI [Makassar, Bisa Tonji!] ini hanyalah obrolan ringan di warung kopi yang diposting oleh Pacarita cca. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca dan mengomentari carita campur attu ini. Kritik dan saran Anda adalah attu' terindah yang kami nanti-nantikan :D , karenanya mohon penuhi kotak komentar kami dengan attu' terindah yang pernah Anda miliki.

:: Lagi GALAU? baca ini! ::

3 komentar:

Anonim mengatakan...

pnnna ero'mi anak-anaka assiba'ji na kanami ngaseng anjo "singel deh" !!
hahahaha
bhs inggris(single)(sendiri)
satu lawan satu bede' . .
secara tdk langsung mereka (yg mau assiba'ji) menggunakan bahasa inggris (hebaki tawwa ia). .
njo ji nakke pindu
pamopporrang mami kodong, k sike'de'ji anjo ku isseng katte :D :D
adhy lembar baru"

Anonim mengatakan...

banya' uangku saya...
satu kunci-kunci dunia..
hahahahaha

#teringat perdebatan masa kecil.., ujung2nya pasti ada yang nangis :D

Ridjal jija mengatakan...

hahahahaha nia' agangku si ba'ji ngampa di borongi sempa' sempa'na anjo co' teako rong erok ka rong mange tinro



tallasaki mangkasaraka hidup makassar mangkasara' bisa tonji

 
carita campur attu | pacarita | obrolan ringan di warung kopi powered by blogger.com
Design by Carita Campur Attu Blogger Templates