JELANG MotoGP 2012: ROSSI HARUS TAHU! [HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBALAP]


Setelah Pacarita membeberkan tips dan triknya tentang cara menyalip yang sopan dan santun. Pada kesempatan kali ini, carita campur attu akan dikhususkan untuk salah satu rider peserta MotoGP 2012 yang pada musim kemarin mengalami penurunan drastis dan jauh dari memuaskan. Banyak fans dan pengamat MotoGP yang dibuat kecewa karena performanya yang merosot.
Siapakah rider yang dimaksud dan carita campur attu apa yang akan Pacarita sampaikan pada rider ini, akan kita tahu setelah jedah komersil berikut.
Lho?!

Tenang.., dan baiklah! Carita campur attu kita kali ini dikhususkan untuk sang juara dunia 9 kali, Valentino Rossi. Rossi harus tahu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membalap agar performanya di musim 2012 ini kembali membanggakan.

Langsung saja, berikut hal-hal yang harus diperhatikan Rossi sebelum membalap:
#1. Settingan
Rossi harus memastikan settingan tunggangannya telah cocok untuk model sirkuit yang akan dijajalnya. Jenis ban, kekerasan dan temperatur ban adalah hal yang harus menjadi fokus Rossi. Melaju dengan ban yang lembek di samping akan merusak velg bintang Ducati GP12, juga akan memperlambat laju kendaraan dari yang semestinya dan membuat stir goyang karena pertemuan antara ban dan aspal tidak stabil. Melaju dengan ban yang temperaturnya masih dingin bisa membuat rider yang memperkuat Ducati ini slip dan akhirnya jatuh (lagi) deh...

#2. Sirkuit
Pemahaman tentang kondisi sirkuit sangat penting jika ingin memenangkan sebuah balapan yang bergengsi. Rossi dengan pengalaman yang dimilikinya memang sangat paham dengan kondisi ini. Namun, dia tidak boleh gegabah. Pacarita akan membagi kondisi sirkuit menjadi beberapa point, di antaranya:
#2.1. Kemulusan
Sebelum membalap, Rossi harus mempelajari dulu tentang kondisi aspalnya apakah pada saat sirkuit dibuat aspalnya dimasak dengan baik dan benar sampai matang. Aspal yang tidak dimasak dengan baik dan benar sampai matang tentu saja akan membuat rasa sirkuit menjadi tidak enak. Kondisi ini bisa membuat Rossi sakit perut dikarenakan permukaan aspal yang tidak dimasak dengan baik dan benar sampai matang akan lebih kasar, tidak lembut dan halus, sehingga akan menambah getaran saat rider melaju di atasnya dan berpengaruh ke perut yang terguncang-guncang.
Jika menjelang balapan rider menemukan kondisi aspal seperti ini, tunda dulu balapannya dan segera hubungi dinas pekerjaan umum setempat. Ini demi keamanan dan keselamatan bersama.

#2.2. Kelembaban udara
Sirkuit yang lembab adalah sirkuit yang basah. Sirkuit yang basah adalah sirkuit yang terkena hujan. Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah: 'sedang hujan'.
Balapan pada sirkuit yang basah akan membuat Rossi mudah slip dan jatuh. Balapan saat sedang hujan juga akan mengurangi jarak pandang rider dikarenakan terjadinya proses penguapan butir-butir hujan menjadi uap air di udara yang sering kita sebut: 'embun' alias 'kabut'.
Balapan saat sedang hujan juga akan membuat rider rentan terkena penyakit seperti flu, pilek, sakit kepala, bersin-bersin, batuk, demam, encok, pegal, linu, dan masuk angin. Penyakit-penyakit tersebut adalah penyakit yang menular dan bisa saja menyebar ke rider lain, sehingga untuk tetap menjaga sportifitas dalam balapan, ada baiknya para rider memeriksakan terlebih dahulu kesehatannya ke dokter. Rider pintar tolak masuk angin.
Jika saat balapan Rossi menemukan kondisi cuaca seperti ini, balapan jangan ditunda karena pasti penonton kecewa. Balapan tetap dilanjut sesuai jadwal tapi sebelumnya jangan lupa segera hubungi pawang hujan setempat.

#2.3. Kebersihan
Kebersihan sirkut juga harus menjadi perhatian Rossi sebelum balapan. Sirkuit yang berpasir atau adanya tumpahan oli pada lintasan adalah sirkuit yang sangat tidak kondusif untuk balapan. Pasir atau oli akan membuat sirkuit menjadi licin. Ini dikarena sifat pasir yang tidak begitu padat dan mudah berserak sehingga memungkinkan para pembalap juga jatuh berserakan. Demikian juga dengan oli yang sifatnya sebagai pelumas atau pelicin. 
Jika saat balapan Rossi menemukan kondisi lintasan seperti ini, tunda dulu balapannya dan segera hubungi dinas kebersihan setempat.

#3. Kesehatan
Kesehatan sebenarnya telah dijelaskan pada point #2.2. tentang Kelembaban udara. Namun, untuk menunjukkan betapa pentingnya Rossi untuk memperhatikan kesehatan, Pacarita sengaja membuatnya dalam point khusus.
Rossi harus memperhatikan kesehatan jika harus memenangi setiap balapan. Buat apa settingan tunggangan yang ok dan kondisi sirkuit yang bagus tapi ridernya tidak sehat. Intinya ada pada kesehatan rider, baik itu kondisi fisik dan mental, ketajaman mata, dan kesehatan organ pencernaan.
Untuk memenangi tiap balapan, Rossi harus menjaga kondisi fisiknya dengan tidak begadang, tidak minum miras alias minuman keras (ih berdosa lho Oom Rossi), makan makanan dengan gizi seimbang.
Kondisi mental dapat dijaga mensucikan hati dan pikiran serta mendekatkan diri pada Tuhan.
Ketajaman mata, jelas point penting bagi Rossi agar saat balapan tidak menabrak rider lain atau melaju lurus di tikungan.
Kesehatan organ pencernaan juga perlu diperhatikan oleh Rossi. Bayangkan saja bagaimana jika pada saat balapan perutnya tiba-tiba mulas ingin BAB alias buang air besar. Bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang jika Rossi harus masuk ke toilet dulu..

Demikian beberapa hal yang Rossi harus tahu dan perhatikan sebelum balapan. Semoga di musim ini, Rossi bisa menunjukkan tajinya dan kembali merebut gelar juara dunia MotoGP 2012. Amin.

[Ewako Rossi!!]

Ditulis Oleh : Unknown ~ Carita Campur Attu | Obrolan ringan di warung kopi

Carita campur attu JELANG MotoGP 2012: ROSSI HARUS TAHU! [HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBALAP] ini hanyalah obrolan ringan di warung kopi yang diposting oleh Unknown. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca dan mengomentari carita campur attu ini. Kritik dan saran Anda adalah attu' terindah yang kami nanti-nantikan :D , karenanya mohon penuhi kotak komentar kami dengan attu' terindah yang pernah Anda miliki.

:: Lagi GALAU? baca ini! ::

0 komentar:

 
carita campur attu | pacarita | obrolan ringan di warung kopi powered by blogger.com
Design by Carita Campur Attu Blogger Templates