10 FAKTA UNIK KOPI YANG HARUS ANDA KETAHUI

   
Siapa yang bisa menyangkal bahwa memang ada kenikmatan tersendiri saat kita bersantai meminum secangkir kopi hangat. Tapi, tahukah Anda beberapa fakta tentang minuman nikmat ini? Obrolan ringan di warung kopi kita kali ini akan menguak 10 fakta unik kopi yang harus Anda ketahui. Langsung saja disimak 10 fakta kopi berikut ini:

#1. "Kafein bisa membunuhmu" (dengan tanda kutip)
Terutama jika kamu sangat manikak kopi, yakni menenggak kopi 80-100 cangkir sehari. Jadi jangan coba-coba ya.
Hmm, ya iya lah menenggak kopi 80-100 cangkir sehari, memang perut ini kontainer apa?

#2. Kopi bisa juga baik buatmu (ya memang baik jika dikonsumsi secara tepat)
Studi membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan antioksidan dari kopi, cukup satu atau dua cangkir kopi sehari, sudah bermanfaat. Jika tidak suka kopi, bisa coba teh hitam, tapi  jangan teh celup ya, bahaya!

#3. Kafein bisa meningkatkan gairah seks perempuan (ehm..ehm..)
Ini baru terbukti pada tikus percobaan. Menurut ilmuwan, pada manusia kopi dapat meningkatkan pengalaman seksual namun hanya pada mereka yang tidak maniak kopi.

#4. Kafein bisa mengurangi rasa sakit (ah masa sih?)
Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, mampu meredakan rasa sakit di otot setelah olah raga, demikian menurut sebuah studi kecil. Tapi lagi-lagi ini hanya berlaku buat mereka yang bukan pecandu kopi.

#5. Kafein bisa bikin kita begadang (haha, begadang jangan begadang, oom)
Buat yang ingin melek semalaman akan terbantu dengan kopi. Yang tidak, sebaiknya meminum kopi enam jam sebelum jam tidur agar tidak terganggu jam istirahatnya.

#6. Kopi yang dekafein pun mengandung kafein (kebohongan publik ya?)
Walaupun istilahnya dekafein, alias bebas kafein, tetap saja kopi tersebut mengandung kafein. Kalau kita minum 10 cangkir kopi dekafein, sama saja dengan minum satu-dua cangkir kopi kafein.

#7. Kopi dekafein menggunakan bahan kimia (Waspadalah!!)
Untuk mengurangi kadar kafein pada kopi dekafein, digunakan bahan kimia bernama methylene chloride.

#8. Kafein itu bukan bagian yang berasa pahit (Yang pahit itu kalau gulangan kurang, hehe)
Banyak orang mengira, makin pahit rasa kopi, makin banyak kandungan kafeinnya. Tidak, sebab kafein bukanlah komponen yang rasanya pahit.

#9. Kopi yang bagus tergantung pada pembakaran dan peracikannya (Nassami...)
Jika ingin kopi bercitarasa nikmat, maka yang paling menentukan adalah proses pembakaran dan racikannya. Selama pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi akan keluar. Makin banyak minyak ini keluar, makin kuat rasa kopinya. Munculnya kandungan kafein tergantung pada lamanya air berada di bagian dasar. Pembakaran yang makin lama juga menghasilkan kafein makin banyak.

#10. Kopi ditemukan oleh kambing (Hah?!!)
Satu milenium silam, di pegunungan Afrika, sekawanan kambing terjaga semalaman setelah makan biji kopi merah. Sang penggembala memeriksa kenapa itu terjadi dan menemukan bahwa penyebabnya adalah kopi. Sejak itu manusia mulai ikutan minum kopi.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Carita Campur Attu | Obrolan ringan di warung kopi

Carita campur attu 10 FAKTA UNIK KOPI YANG HARUS ANDA KETAHUI ini hanyalah obrolan ringan di warung kopi yang diposting oleh Unknown. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca dan mengomentari carita campur attu ini. Kritik dan saran Anda adalah attu' terindah yang kami nanti-nantikan :D , karenanya mohon penuhi kotak komentar kami dengan attu' terindah yang pernah Anda miliki.

:: Lagi GALAU? baca ini! ::

0 komentar:

 
carita campur attu | pacarita | obrolan ringan di warung kopi powered by blogger.com
Design by Carita Campur Attu Blogger Templates